TUN 28 Oktober - Kegiatan FTUI Untuk Negeri Tumbuhkan Minat Masyarakat Terhadap Ilmu Teknik

Webadmin Iluni FTUI • 30 Oktober 2017
0 komentar
0 likes
Tanggal artikel
Nama lokasi Gandaria City - Jakarta

ILUNI FTUI juga berikan "Lifetime Engineering Dedication Award" kepada Prof Dr-Ing BJ Habibie


Sebagai negara berkembang - yang saat ini memfokuskan pada program pengembangan dan pertumbuhan ekonomi - Indonesia sangat membutuhkan berbagai infrastruktur untuk menunjang kegiatan pembangunan yang dilaksanakan. Dengan sebaran ribuan pulau-pulau yang membentang dari barat ke timur, Indonesia selayaknya memiliki SDM berkompetensi tinggi untuk mengembangkan diri dan memenuhi kebutuhan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan berkelanjutan.

Perkembangan industri dan teknologi yang sangat besar/masif dewasa ini dan terlebih lagi di masa mendatang, membuat kebutuhan sarjana teknik di Indonesia akan meningkat sangat tinggi. Seperti yang disampaikan oleh "Persatuan Insinyur Indonesia" (PII), sektor infrastruktur akan menjadi serapan yang tinggi. Pemerintahan Jokowi yang saat ini sangat fokus pada kegiatan pembangunan infrastruktur membutuhkan puluhan ribu tenaga ahli teknik atau insinyur untuk membangun berbagai proyek infrastruktur yang telah dicanangkan pemerintah hingga 2019.

Melihat kebutuhan ini, Fakuktas Teknik Universitas Indonesia bersama "Ikatan Alumni Fakuktas Teknik" Universitas Indonesia (ILUNI UI) merasa terpanggil dan melaksanakan kegiatan "FTUI Untuk Negeri" mulai tanggal 27-29 Oktober 2017 - yang dimaksudkan untuk meningkatkan ketertarikan kaum muda dan masyarakat luas pada umumnya terhadap ilmu teknik untuk mencetak berbagai profesi di bidang teknik berkompetensi tinggi, sebagai tulang punggung infrastruktur Indonesia.

Menurut PPI, pembangunan infrastruktur di berbagai kawasan di Indonesia hingga tahun 2019 akan membutuhkan sedikitnya 82 ribu insinyur, sementara tenaga ahli yang tersedia saat ini hanya sebanyak 20 ribu orang.

Salah satu contoh megaproyek pembangkit 35 ribu MW dan ribuan km jalan, puluhan bandara dan pelabuhan baru. Proyek ini diharapkan bisa menjadi sarana pengembangan kapasitas bagi bangsa Indonesia untuk bisa bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sehingga seharusnya lebih banyak anak bangsa yang mampu menjadi ahli-ahli yang berkualitas dan punya kapasitas untuk melanjutkan pembangunan negeri ini.

FTUI adalah salah satu fakultas terbesar di Universitas Indonesia dengan menyelenggarakan 12 Program Studi S1, 7 Program Studi S2 dan 7 Program Studi S3 dalam 7 Departemen yaitu: Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi dan Material, Arsitektur, Teknik Kimia, dan Teknik Industri. Setiap tahunnya FTUI mendidik lebih kurang 5.600 mahasiswa, didukung oleh para pengajar tetap diantaranya 126 Doktor dan 55 Profesor berkualifikasi internasional. Sejak resmi berdiri pada tanggal 17 Juli 1964, FTUI telah meluluskan lebih dari 25.000 sarjana S1, S2 dan S3 yang tersebar di dalam maupun luar negeri.

Pada tanggal 28 Oktober 2017 akan diperingati dengan talkshow "Teknik untuk Negeri" di Gandaria City Mall dengan keynote speaker Prof. Dr. -Ing. B.J. Habibie dilanjutkan bincang-bincang bersama
​Prof. H. Muhamad Natsir PhD (Menristekdikti),
​Prof. Dr. M Anis (Rektor UI),
​Prof. Dr. Dedi Priadi (Dekan FTUI)
​Ir. Supangkat Iwan Santoso M.T. (Direktur Pengadaan PT. PLN)
​Ir. Sugihardjo MSi (Sekretaris Jendral Kemenhub)
​untuk mengulas perkembangan pembangunan teknologi rekayasa di Indonesia. Pada kesempatan ini juga akan dilakukan penganugerahan “Lifetime Engineering Dedication Award”  kepada Presiden RI ke-3, Prof. Dr-Ing. BJ. Habibie, sebagai alumni FTUI yang telah mendedikasikan hidupnya dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

 

Tag Tags: 53 th FTUI Teknik Untuk Negeri Gandaria City TUN 28 Oktober
Kredit foto Photo Credit: indri juwono
Article video Video:

Article slideshow Slideshow:

  • TUN 28 Oktober - BJ Habibie berfoto bersama Rektor UI Dekan FTUI dan Ketua Iluni FTUI
    TUN 28 Oktober - BJ Habibie berfoto bersama Rektor UI Dekan FTUI dan Ketua Iluni FTUI
  • TUN 28 Oktober - BJ Habibie berbicara di panggung
    TUN 28 Oktober - BJ Habibie berbicara di panggung

Artikel Lainnya